Cerdas Gunakan Obat dengan Tanya Lima O


Cerdas Gunakan Obat dengan Tanya Lima O

5 (lima) macam pertanyaan yang harus terjawab dan wajib anda ketahui sebelum menggunakan obat yang disebut dengan “Tanya Lima O”, dengan terjawabnya 5 pertanyaan ini, maka informasi minimal tentang obat sudah terpenuhi. Tanya Lima O yang harus anda tanyakan saat mendapat obat, yaitu:

1. Obat ini apa nama dan kandungannya?
Seseorang hendaknya mengenali jenis obat yang akan dikonsumsi, baik nama maupun kandungannya. Obat bernama dagang berbeda dapat memiliki kandungan yang sama. Khasiat obat ditentukan oleh kandungan zat berkhasiat, bukan merek-nya. Hal ini mencegah anda meminum obat yang sama namun memiliki nama dagang yang berbeda

2. Obat ini apa khasiatnya?
Tujuan pengobatan dapat tercapai jika obat diberikan sesuai indikasi (rasional). Masyarakat diharapkan dapat memahami indikasi atau khasiat dari obat yang digunakan, sehingga tidak terjadi salah minum obat. Jangan sampai anda meminum obat yang tidak sesuai dengan indikasi yang diharapkan.

3. Obat ini berapa dosisnya?
Efek obat terhadap tubuh juga tergantung pada dosis. Dosis berlebih dapat melampaui ambang batas keamanan, sedangkan dosis kurang dapat menyebabkan efek terapi tidak tercapai. Gunakanlah obat sesuai dosis anjuran. Perhatikan dosis yang diperlukan, akan berbeda dosis untuk anak dan untuk dewasa, dosis yang tepat akan membuat obat dapat berkhasiat optimal.

4. Obat ini bagaimana cara menggunakannya?
Obat tersedia dalam berbagai bentuk sesuai tujuannya dan diproduksi menggunakan bahan tambahan tertentu yang memudahkan obat untuk diserap dalam tubuh. Digunakan melalui mulut (oral) atau dengan kata lain melalui sistem pencernaan itulah disebut " Obat Dalam", tidak digunakan melalui bagian tubuh lain misalnya kulit. Sebaliknya, “obat luar” digunakan tidak melalui mulut, tidak boleh ditelan. Misalnya suppositoria digunakan melalui anus, salep melalui kulit. Obat harus digunakan pada selang waktu yang sama, agar efek pengobatan dapat tercapai. Misalnya 3 kali sehari, artinya tiap 8 jam.

5. Obat ini apa efek sampingnya?
Obat dapat menyebabkan efek samping yang tidak diharapkan. Misalnya mengantuk, iritasi lambung, alergi dan gangguan fungsi hati atau ginjal. Jika merasakan efek samping, penggunaan obat harus dihentikan dan segera konsultasi pada dokter atau fasilitas kesehatan.

Selain lima pertanyaan tersebut, masyarakat hendaknya aktif bertanya hal lain terkait obat yang akan atau sedang dikonsumsi. Pada obat bebas dan bebas terbatas, informasi tercantum pada kemasan. Untuk obat yang diperoleh dengan resep dokter, dapat ditanyakan pada dokter atau apoteker pada saat menebus resep. Keterlibatan masyarakat secara aktif mencari informasi sangat diharapkan. Tanyakan Apoteker untuk informasi mengenai obat yang anda gunakan.
Artikel ini dikutip dari IG @gemacermat dengan sedikit perubahan.

Baca juga : Pastikan Obat Aman dengan "KLIK" sebelum Membeli

Posting Komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.