Kelola Kolesterol Pasca Hari Raya Idul Adha

Kelola Kolesterol Pasca Hari Raya Idul Adha

Hari Raya Idul Adha tinggal beberapa hari lagi. Hari raya idul Adha identik dengan berkurban. Di hari perayaan Idul Adha, makanan berbahan dasar daging yang dimasak dengan berbagai bumbu dan resep biasanya menghiasi meja makan. Mulai dari sate, gulai, opor, dan makanan olahan daging lainnya sudah pasti banyak di konsumsi di hari ini.

Memakan daging memang memiliki banyak manfaat dan berkhasiat bagi tubuh.
Namun jika daging dikonsumsi secara berlebihan maka tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika memiliki riwayat penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghalau kolesterol dan darah tinggi saat mengonsumsi daging dan makanan-makanan berlemak.

1. Dimakan bersama Mentimun
Memakan daging terutama daging kambing yang banyak mengandung lemak jahat. Hal itu bisa dinetralisir dengan melahap buah mentimun. Menurut Ari Parikesit, salah seorang Founder dan CEO Kelana Rasa Culinary mengatakan bahwa, bahaya daging kambing memiliki unsur panas,sehingga sebaiknya di seimbangkan dengan yang dingin seperti timun.

2. Diolah menjadi Masakan Berkuah
Mengurangi resiko terkena penyakit dapat dilakukan dengan mengolah daging kambing dengan pas dan tepat. Salah satunya dengan diolah dengan masakan sup atau berkuah. Sebab kolesterol yang terkandung dalam daging dapat dikurangi. Jika dimasak dengan olahan sate maka kolesterol, dan lemak jahat akan naik. Apalagi dalam pemasakan sate, sifat karsinogenik dari PHA dan HCA juga sangat beresiko kanker.

3. Tambahan Jeruk
Mengonsumsi jus jeruk setelah memakan daging kambing berguna sebagai penetral lemak di dalam tubuh. Jeruk juga berguna sebagai pembersih kerongkongan dari sisa lemak yang biasanya menempel di mulut. Kemudian disarankan menghindari minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi.

4. Kurangi yang Manis-manis
Makanan manis merupakan makanan yang mengandung kalori. Jika tetap mengkonsumsi daging kambing bersama makanan manis sama artinya menimbun lemak dan kalori. Hasil dari timbunan kalori tersebut yang meningkatkan resiko obesitas. Dan resiko terburuk dari obesitas adalah penyakit kardiovaskular.

5. Sayur
Manfaat sayur sangat baik untuk penyeimbang resiko lemak. Sayur mampu bekerja menetralisir atau menghilangkan bau mulut setelah mengkonsumsi daging kambing. Selain itu, sayur juga dapat menyeimbangi kadar kalori dalam tubuh sehingga tidak menimbulkan penumpukan kalori yang berlebihan.

Banyak menu yang dapat diolah dari daging kambing. Karna tak bisa menghilangkan bau prengus, sering kali hasil masakannya jadi tak sedap. Berikut tips menghilangkan bau prengus pada daging kambing yang bisa di coba,

1. Gunakan bumbu kunyit, jahe, dan bawang putih.
Haluskan kunyit, jahe, dan bawang putih oleskan pada daging kambing yang dimasak. Diamkan lumuran bahan itu membaluti daging selama 15 menit. Cuci bersih daging kambing dari lumuran bumbu dan masukan ke dalam air dingin.

2. Gunakan daun salam dan lengkuas
Jeroan direbus sampai keluar busa-busa putih.Buang busa-busa itu sampai habis. Saat merebus tambahkan potongan daun salam dan lengkuas. Daun salam dan lengkuas berguna untuk menghilangkan bau jeroan dengan aroma rempahnya

Baca juga : Bantu Turunkan Kolesterol dengan Teh Hijau

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelola Kolesterol Pasca Hari Raya Idul Adha"

Posting Komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.