"Likopen" Antioksidan yang Banyak Manfaat

"Likopen" Antioksidan yang Banyak Manfaat

Likopen atau lycopene adalah pigmen karotenoid, yaitu fitokimia yang terdapat dalam buah atau sayuran. Likopen merupakan senyawa karotenoid paling umum dalam tubuh manusia. Likopen dikenal memiliki khasiat antioksidan kuat. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Kelebihan radikal bebas dari sisa metabolisma dapat menyebabkan kerusakan sel yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Likopen mempunyai sifat antioksidan yang sangat berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyerang dan merusak sel-sel tubuh. Likopen memiliki kemampuan mencegah kanker terutama kanker perut, kanker kolon, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker prostat, kanker serviks, dan kanker payudara.

Likopen sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah karena memiliki potensi mencegah aterosklerosis dan penyakit jantung koroner. Likopen juga bermanfaat mengurangi inflamasi atau peradangan, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan kulit. Likopen juga sangat ampuh mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV (ultraviolet) dari cahaya matahari dan banyak digunakan pada beberapa produk perawatan kulit.

Sejumlah penelitian telah membuktikan likopen pada tomat dapat meningkatkan jumlah sperma sampai 70 persen. Dari penelitian sementara didapat adanya hubungan antara likopen dan kualitas sperma. Sejumlah penelitian lainnya juga menemukan likpen dapat memperlambat perkembangan kanker prostat dan memperlambat pembesaran prostat.

Likopen juga bermanfaat bagi kesehatan tulang.Likopen mampu meredakan stres oksidatif yang menyebakan struktur tulang rapuh dan lemah. Dengan memperlambat apoptosis (kematian sel) yang menyebabkan melemahnya tulang serta memperkuat arsitektur tulang seluler, ia dapat membuat tulang menjadi lebih sehat dan kuat.

Makanan sumber Likopen

Likopen banyak terdapat dalam sayuran dan buah yang berwarna cerah seperti merah, kuning, atau oranye. Selain dari bahan makanan alami, anda juga dapat memperoleh asupan likopen dari suplemen vitamin yang mengandung likopen Tomat adalah sumber makanan terbesar dengan kandungan ini.

Berikut beberapa buah dan sayur yang mengandung paling banyak likopen per 100 gram:
Tomat: 21,8 mg
Jambu biji: 5,2 mg
Semangka: 4,5 mg
Tomat segar: 3,0 mg
Pepaya: 1,8 mg
Jeruk merah muda: 1,1 mg
Paprika merah manis yang dimasak: 0,5 mg

Sampai saat ini,belum ada rekomendasi nilai asupan untuk likopen. Salah satu studi menyebutkan asupan antara 8-21 mg per hari sudah dianggap cukup efektif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ""Likopen" Antioksidan yang Banyak Manfaat"

Posting Komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.