Viral Polisi Terbakar, Ini harus Anda Dilakukan Bila Mengalami Luka Bakar

Viral Polisi Terbakar, Ini harus Anda Dilakukan Bila  Mengalami Luka Bakar
Luka bakar adalah keadaan dimana lapisan kulit menjadi rusak disebabkan oleh benda panas, termasuk api, air panas, dan uap panas. Rusaknya kulit akibat luka bakar membuat penderitanya mudah mengalami infeksi, karena kulit merupakan lapisan pertahanan awal tubuh untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, penanganan perlu dilakukan secepatnya.
Penanganan luka bakar dilihat dari tingkatan keparahannya, atau disebut juga dengan derajat luka bakar. Derajat luka bakar terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu derajat satu, derajat dua, dan derajat tiga. Semakin tinggi derajat luka bakar, maka dampaknya aka semakin parah dan rumit penanganannya.
Luka bakar derajat satu
Luka Bakar derajat satu disebut juga dengan luka bakar superfisial. Kerusakan kulit pada luka bakar derajat satu hanya mengenai epidermis atau lapisan kulit yang paling luar. Jadi, tingkat keparahannya paling ringan dan mudah ditangani.
Tanda-tanda luka bakar derajat satu adalah:
Kulit kemerahan.
Peradangan atau bengkak ringan.
Nyeri yang masih dapat ditahan.
Kulit kering dan mengelupas, saat luka bakar mulai sembuh.
Luka bakar derajat satu ini hanya mengenai lapisan kulit paling atas, sehingga tanda-tanda tersebut biasanya akan hilang saat sel-sel kulit mati mulai terkelupas dan digantikan dengan yang baru.
Cara penanganan
Luka bakar derajat satu lebih mudah penanganannya dan bisa dilakukan di rumah yaitu:
Alirkan air dingin pada kulit yang terbakar selama 5 menit. Jangan mengompres menggunakan es batu karena dapat memperparah luka bakar.
untuk membantu mengurangi rasa sakit, minum pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen
Oleskan gel lidah buaya atau krim dingin untuk menenangkan kulit yang memerah.
Oleskan salep antibiotik dan balut dengan kasa untuk menghindari gesekan dengan benda sekitar. Jangan gunakan kapas untuk menutupi luka bakar karena kapas mengandung serat-serat yang dapat menempel pada luka dan dapat menyebabkan infeksi.
Luka derajat satu bisa lebih cepat sembuh, sekitar 7 sampai 10 hari dan tidak meninggalkan jaringan parut. Jadi, kulit dapat kembali mulus seperti semula.
Walaupun bisa ditangani sendiri di rumah.tetap kunjungi dokter jika mengalami luka bakar jenis ini . Terutama jika area lukanya cukup luas hingga lebih dari 9 cm dan mengenai wajah atau sendi tubuh utama.
Luka bakar derajat dua
Tingkat keparahan luka bakar derajat dua lebih serius daripada luka bakar derajat satu. Area kerusakan sel-sel kulit sudah mulai menembus epidermis hingga mengenai sebagian dermis atau lapisan kulit dalam.
Tanda-tanda luka bakar derajat dua meliputi kulit yang melepuh, memerah, dan terasa perih. Area luka bakar juga tampak basah dan mengkilap. Kadang-kadang kondisi ini juga dapat memicu pertumbuhan jaringan parut mengandung nanah yang disebut dengan luka bakar eksudat (fibrinous exudate).
Cara penanganan
Lama penyembuhan pada luka bakar ini bisa berbeda-beda pada tiap orang. Semakin parah lepuhannya, semakin lama pula masa penyembuhannya. Namun, orang yang terkena luka bakar derajat dua biasanya akan sembuh dalam kurun waktu 2 sampai 3 minggu tanpa pertumbuhan jaringan parut.
Atasilah luka bakar derajat dua dengan cara::
Alirkan air dingin pada area kulit yang melepuh selama 15 menit
Redakan nyeri dengan mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen
Jangan menutup area luka bakar dengan kapas agar tidak menimbulkan infeksi
Jagalah  area luka bakar tetap bersih dan balut dengan kain kasa. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan infeksi dan mempercepat penyembuhan.
Sebaiknya, tetap berkonsultasi ke dokter untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Apalagi bila kondisi ini terjadi pada area wajah, tangan, bokong, selangkangan, dan kaki.
Luka bakar derajat III
Luka bakar jenis ini adalah yang paling parah. Kerusakan yang terjadi pada kulit memiliki area yang lebih lebar dan merusak jaringan subkutan kulit.
Tanda-tanda luka bakar derajat ketiga meliputi:
Timbul area putih atau cokelat gelap pada kulit.
Kulit kasar dan terkelupas.
terdapat penebalan kulit yang tampak seperti lilin dan meluas.
Luka bakar derajat tiga sangat rentan terhadap infeksi,  dianjurkan cepat-cepat pergi ke IGD rumah sakit terdekat untuk ditangani. Biasanya, dokter akan memberikan rekomendasi untuk melakukan operasi untuk menghilangkan jaringan parut dan menyembuhkan luka bakar.

Posting Komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.